Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Tekno

Fantastis! Harga iPhone Diprediksi akan Tembus Rp 80 Juta, Kok Bisa?

Penulis : Desi Kris - Editor : Pipit Anggraeni

13 - Jun - 2022, 08:32

Placeholder
iPhone (Foto: Apple)

JATIMTIMES - Ponsel dengan harga di atas Rp 10 juta mungkin saat ini sudah lazim. Terlebih bagi mereka yang memiliki ekonomi sederhana. 

Lima tahun lalu, harga setinggi itu untuk sebuah ponsel adalah hal yang sangat mengagetkan. Kali ini justru diprediksi bahwa pada 2023, harga ponsel premium seperti iPhone akan tembus menembus USD 6.000 atau sekitar Rp 87 juta.

Baca Juga : Produksi Susu Sapi di Pujon Anjlok, Imbas Banyak Sapi Perah Mati Akibat PMK

Prediksi itu muncul dari peningkatan harga ponsel selama beberapa tahun ke belakang. Pada 2012, Apple merilis iPhone 5 dengan harga USD 199 atau sekitar Rp 3 juta, dan kini harga iPhone 13 Pro Max adalah USD 1.099 (sekitar Rp 16 juta), atau meningkat 452%. 

Dikutip dari Phone Arena, jika tren itu terus berlanjut, pada tahun 2023 maka harga iPhone diprediksi menembus USD 6.059 atau setara dengan Rp 88 juta. Dugaan peningkatan harga ponsel premium yang signifikan bisa dibilang terjadi saat Apple merilis iPhone X dengan harga USD 999 atau Rp 14 juta.

Setelah itu, pabrikan lain yang biasanya menjual ponsel dengan harga murah atau standard pun mengikuti langkah tersebut. Menariknya, tidak cuma iPhone yang harganya diprediksi akan melesat pada 2023. 

Harga ponsel flagship Motorola dan Huawei pun bisa saja mencapai USD 3.300 atau Rp 48 juta dengan asumsi tren peningkatan harganya konsisten dengan saat ini, yaitu 221%.

Sebelum dihajar oleh Pemerintah AS, harga ponsel Huawei biasanya 30% lebih murah dibanding perangkat sekelasnya. Namun kini Huawei kesulitan mencari pasokan komponen, harga perangkatnya pun mengalami kenaikan.

Sedangkan ponsel Motorola pada periode yang sama harganya meningkat dari USD 300 menjadi USD 999, atau meningkat 233%, dan jika tren peningkatan itu terus terjadi, harga ponsel Motorola pada 2023 akan mencapai USD 3.333 atau Rp 48,8 juta. 

Baca Juga : Harga Melambung Tinggi, Ikan Gurame di Tulungagung Malah Terserang Cacar

Ada pula merek Samsung, yang ternyata peningkatan harganya lebih rendah dibanding ponsel-ponsel yang disebutkan di atas. Peningkatannya di periode yang sama hanya 184%. 

Kemudian ponsel OnePlus yang meningkat 142%, Sony 105%, dan Nokia yang naik 55%. Kendati demikian perlu diingat, ada banyak faktor yang berpengaruh pada peningkatan harga ponsel.

Mulai dari harga komponen, kelangkaan komponen, bahkan harga bahan bakar pun berpengaruh. 


Topik

Tekno



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Pipit Anggraeni