Tumbuhkan Ekonomi, Bupati Pamekasan Genjot Program Desa Tematik | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Tumbuhkan Ekonomi, Bupati Pamekasan Genjot Program Desa Tematik

Jun 23, 2022 13:54
Bupati Pamekasan Baddrut Tamam saat meresmikan sentra batik klampar (Foto: Dokumentasi Pemkab Pamekasan for JatimTIMES)
Bupati Pamekasan Baddrut Tamam saat meresmikan sentra batik klampar (Foto: Dokumentasi Pemkab Pamekasan for JatimTIMES)

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan terus berupaya mempercepat program pemulihan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Salah satunya melalui program desa tematik yang kini terus digencarkan.

Desa tematik merupakan program yang ditetapkan Pemerintah Kabupaten Pamekasan dalam upaya memfokuskan pengembangan ekonomi masyarakat desa dalam satu bidang tertentu.

Baca Juga : Rokok Ilegal Meresahkan, Mahasiswa Tuntut Bea Cukai Berantas dalam Sepekan

Bupati menjelaskan, potensi ekonomi yang dimiliki oleh setiap desa memang harus terus ditonjolkan. Semisal di desa itu potensi ekonomi dominan pada bidang pariwisata, maka tema yang perlu dikembangkan adalah ekonomi pariwisata desa. Kemudian jika potensi ekonomi dominan bidang pertanian, maka tema pengembangan ekonomi desa adalah pertanian.

“Program desa tematik juga sebagai salah satu upaya agar dukungan program pada desa lebih fokus pada bidang tertentu, sehingga hasilnya akan lebih baik dan lebih maksimal,” katanya, Kamis (23/06/2022).

Dirinya bahkan meminta kepada para kepala desa, agar bisa menetapkan tema pengembangan ekonomi desa. Program ini sebagai bentuk pengembangan dari program 'One Village One Product.

"Kami terinspirasi dari program baik dan berhasil dalam mengembangkan ekonomi tersebut, akan tetapi tidak One Village One Product akan tetapi 'satu desa, satu tema atau yang kita sebut dengan desa tematik," katanya.

Lebih jauh Baddrut Tamam menjelaskan, di Kabupaten Pamekasan itu, terdapat 178 desa yang tersebar di 13 kecamatan. 

Baca Juga : Unikama Gelar Dialog Nasional, Pembasisan Pancasila di Era Disrupsi Jadi Isu Strategis

"Dari 178 desa tersebut, desa yang telah menetapkan tema hingga akhir 2021 ini sebanyak enam desa, yakni pada 2019 sebanyak satu desa dan pada 2021 sebanyak lima desa," katanya.

Pada 2019, desa yang telah menetapkan tema pengembangan ekonomi adalah Desa Murtajih, Kecamatan Pademawu. Sedangkan pada 2021, terdiri dari Desa Bunder, Kecamatan Pademawu, Desa Gagah, Kecamatan Kadur, Desa Kertagena Dajah, Kecamatan Kadur, Desa Palengaan Laok, Kecamatan Palengaan dan Desa Samatan, Kecamatan Proppo.

Tiga di antara enam desa itu memilih tema pengembangan ekonomi pada ekonomi wisata desa, yakni Kertage Dajah, Desa Bunder dan Desa Murtajih. Karena di desa itu memiliki potensi alam berupa objek wisata desa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Desa Wisata KAbupaten Pamekasan desa tematik desa tematik pamekasan

Berita Lainnya