Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Tekno

WhatsApp API dan Teknologi Chatbot Untuk Meningkatkan Pelayanan Pelanggan

Penulis : redaksi - Editor : Redaksi

28 - Jun - 2022, 10:17

Placeholder

 JATIMTIMES - WhatsApp kini bukan hanya sekedar aplikasi biasa untuk sehari-hari, Facebook atau sekarang Meta sebagai pemilik aplikasi ini telah mengembangkan WhatsApp ke arah kepentingan bisnis yaitu dengan mengahadirkan fitur WhatsApp API.

 

Baca Juga : DPRD Kota Malang Sahkan Ranperda Retribusi Bangunan dan Gedung, Dorong Wali Kota Terbitkan Perwal

Tetapi apakah anda tahu kegunaan dari WhatsApp API? Mari sama-sama mengulas tentang pengertian dari WhatsApp yang satu ini serta kaitannya dengan bisnis.

 

Apa Itu Whatsapp API?

WhatsApp API (Application Programming Interface) merupakan sebuah fitur yang dibuat untuk memfasilitasi pelayanan bisnis dengan jangkauan interaksi yang lebih luas.

 

Pengguna dapat menerima serta menjawab sebuah pesan secara unlimited dari para pelanggan. 

 

Bedanya dengan Whatsapp Business biasa adalah harus ada integrasi API WhatsApp dari pengguna kepada sistem layanan atau manajemen pelanggan yang di miliki oleh perusahaan.

 

Whatsapp API sangat cocok digunakan oleh bisnis yang memiliki jumlah customer yang besar.

 

Mengapa Whatsapp API Penting untuk Bisnis?

Sebagai salah satu upaya meningkatkan pelayanan bisnis yang baik, anda perlu tahu bahwa menjalin komunikasi dengan pelanggan baik langsung maupun tidak langsung itu sangatlah penting. 

 

Ada keuntungan yang anda dapatkan dengan mengandalkan aplikasi ini sebagai solusi penting untuk bisnis, yaitu : 

  • Lebih mudah membangun komunikasi karena Whatsapp sudah menjadi bagian atau kebiasaan yang dekat dengan orang-orang

 

Jika bisnis yang anda jalankan menggunakan WhatsApp sebagai sarana komunikasi maka WhatsApp API adalah sebuah perangkat bisnis yang wajib anda miliki. Kombinasi anatara WhatsApp API dan Chatbot akan menjadikan WhatsApp bisnis anda menjadi saluran yang sangat powerful.

 

Fitur dan Fungsi WhatsApp API

  1. Multi device & Multi Agent: Dapat di gunakan di lebih dari satu perangkat dengan agen cs yang berbeda pula.
  2. Blast dan Broadcast: Mengirim pesan ke banyak nomor dalam satu waktu
  3. Tanda Centang Hijau: Akun WhatsApp anda akan secara otomatis mendapatkan centang hijau, sebagai bukti validasi bisnis yang akan berdampak kepada kepercayaan konsumen pada bisnis anda.
  4. WhatsApp Integration: Akun WhatsApp dapat terhubung dengan system / software CRM (Customer Relationship Management) yang anda miliki.
  5. Chatbot: Anda dapat mengintegrasikan chatbot kedalam akun WhatsApp bisnis anda

 

WhatsApp API & Chatbot adalah Kombinasi yang Sempurna

Whatsapp API dan Chatbot memungkinkan hadirnya manfaat tak terbatas bagi sebuah bisnis.

Teknologi Machine Learning sekarang ini memungkinkan chatbot memiliki kemampuan sebagai virtual assistant yang bisa di andalkan. 

 

Chatbot bisa di tugaskan sebagai customer service agent seperti melakukan promo, mencarikan dan memesankan produk bahkan bercakap-cakap dengan bahasa yang luwes dan personal sesuatu yang sebelumnya mungkin tidak akan anda bayangkan. 

 

Dengan chatbot pelanggan bisa dilayani selama 24 jam selama 7 hari penuh tanpa istirahat dan WhatsApp API akan melipat gandakan jumlah customer yang bisa di layani dalam satu waktu.

Kombinasi dua teknologi ini tentunya menjadi solusi bagi bisnis yang umumnya memiliki keluhan yang sama yaitu, customer service yang kurang maksimal karena kurangnya customer service agent yang dimiliki.

 

Memilih WhatsApp Business Partner Solution yang Tepat

WhatsApp merekomendasikan untuk bekerjasama dengan WhatsApp Business Partner Solution jika ingin melakukan integrasi API. 

 

Baca Juga : Diduga Korsleting Listrik,Gudang Logistik Satuan Samapta Polres Kediri Kota Dilalap si Jago Merah

Hal ini di karenakan beberapa hal seperti proses integrasi API yang membutuhkan kemampuan teknis yang memadai dan juga proses approval yang lebih cepat dari pihak WhatsApp jika anda bekerja sama dengan WhatsApp partner.

 

Lalu bagaimana cara memilih WhatsApp Business Partner Solution yang tepat jika anda adalah pemula dalam teknologi ini? Mudah saja, anda bisa menggandeng perusahaan yang sudah memiliki reputasi baik di bidang ini.

 

Kami merekomendasikan Botika jika anda serius ingin meningkatkan kualitas saluran komunikasi WhatsApp yang anda miliki.

 

Botika merupakan sebuah perusahaan teknologi yang berkonsentrasi pada pengembangan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligent). 

 

Perusahaan ini di nahkodai oleh Ditto Anindita sebagai founder & CEO dan Eri Kuncoro, Galuh Koco Sadewo,Prima Yoga dan Vita Subiyakti sebagai co-founder.

 

 

Peran Botika di Indonesia

Kehadiran Botika memberi dampak yang positif bagi banyak perusahaan yang telah menggunakan teknologinya di Indonesia, nama-nama besar seperti; 

 

XL Axiata, Sinar Mas Mining, Liputan 6, Maybank HR, HM Sampoerna, Sinar Mas Mining, AQUA dan masih banyak lagi yang lainya telah berpartner dengan perusahaan teknologi ini.

 

Tidak hanya di sektor swasta, Botika juga telah bekerja sama dengan lembaga Pendidikan seperti; Universitas Islam Indonesia dan Zenius.

 

Beberapa Lembaga pemerintah juga menggandeng Botika diantaranya: Bank Indonesia, Dinkes DKI, Bea Cukai, Kantor Imigrasi, Kemenag, PLN, BPKH Kementrian Agama dan masih banyak lagi.

 

Botika sendiri telah membuat berbagai macam produk popular yang menjadi favorit banyak orang diantaranya; 

  1. Chatbotika: Chatbot yang dibuat khusus untuk perusahaan
  2. Omnibotika: Multisaluran dengan sistem tiket helpdesk
  3. Voicebotika: Chatbot dengan kemampuan interaksi suara untuk speaker dan telepon pintar
  4. Blastika: Broadcast Campaign melalui Media Sosial, Email, Whatsapp, dan Panggilan Telepon
  5. Platform: Platform pengembang yang mudah digunakan untuk membuat chat/voice dengan cepat
  6. Olshop.ai: Aplikasi seluler siap pakai dengan chatbot untuk UKM

 

Visi dari Botika adalah menjadi perusahaan teknologi AI terbaik yang ada di Indonesia dengan memadukan teknologi yang sudah ada dengan inovasi berkelanjutan untuk menjadi jawaban dari kebutuhan bisnis akan teknologi cerdas.

 

Berbagai macam penghargaan dari lokal maupun international juga telah di terima Botika, antara lain:

  • Bronze Medal - Private Sector, ASEAN ICT AWARD 2021.
  • Indonesian Representative at SXSW Texas Austin US 2021.
  • Facebook Accelerator 2020 Singapore by PNP Delegasi.
  • Indonesian Delegation Hannover Messe Germany
  • 2nd evangelist The Nextdev Academy 2018.
  • Top 5 Indonesia Fund Festival Habibie Festival 2018.
  • Finalist ICT Award 2018 (Indonesia UP) Kominfo - 2018.
  • Best Startup Hunt - 2018.
  • 3rdWinner Kreasi Anak Bangsa Kemenperin - 2018.
  • Top 30 Indigo Creative Nation - 2017.

 

Dari deretan penghargaan yang telah di terima oleh Botika, menjadi bukti bahwa perusahaan teknologi ini sangat kredibel dan bisa sejajar dengan banyak perusahaan teknologi lain dari luar negeri.

 

Jika anda tertarik untuk menggunakan teknologi Botika anda bisa mendapatkan informasi yang lebih detail dengan mengunjungi official website mereka.


Topik

Tekno



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

redaksi

Editor

Redaksi