Canangkan BIAN, Ketua TP PKK Kota Kediri: Imunisasi Lengkap Anak Kewajiban Orang Tua | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Canangkan BIAN, Ketua TP PKK Kota Kediri: Imunisasi Lengkap Anak Kewajiban Orang Tua

Aug 05, 2022 18:41
Ketua TP PKK Kota Kediri saat melihat imunisasi balita.(foto: istimewa)
Ketua TP PKK Kota Kediri saat melihat imunisasi balita.(foto: istimewa)

JATIMTIMES - Dalam rangka Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), Ketua TP PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar mengunjungi Posyandu Mayang Kelurahan Mrican. Kunjungan ini untuk melihat secara langsung pelaksanaan imunisasi sekaligus membuka pencanangan BIAN, Jumat (5/8/22).

“Kita akan mengikuti pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional yang dicanangkan hari ini. Namun di posyandu sudah dimulai sebenarnya. Anak saya sudah mendapatkan suntikan MR (measles and rubella) itu tanpa melihat status imunisasi sebelumnya. Begitu juga vaksin yang lain, ada waktu di bulan ini untuk melengkapi imunisasi yang terlewat. Jadi bapak ibu mohon dilihat tabel vaksin putra dan putrinya, imunisasi dasar yang mana kira-kira yang belum lengkap, sehingga bisa dikejar di bulan ini. Banyak sekali jenis vaksinnya dan semua tersedia,” ujar ketua TP PKK Kota Kediri.

Baca Juga : Dilatih Olahan Khas Kediri, Kak Cicha Bekali Peserta Jambore Sambel Pecel dan Tempe

Ferry Silviana Abu Bakar juga berharap agar target vaksinasi yang telah ditetapkan bisa tercapai. Ada sekitar 12.470 balita yang seharusnya bisa mendapatkan vaksinasi MR. 

Dengan dilakukannya imunisasi ini, diharapkan kekebalan tubuh anak tercapai secara komunal. Ferry Silvana juga mengatakan imunisasi lengkap pada anak adalah sebuah kewajiban sebagai orang tua. Harapannya, anak-anak Kota Kediri menjadi anak yang tumbuh sehat, kuat dan terpantau baik tumbuh kembangnya. 

“Posyandu juga bisa menjadi layanan pertama dan utama di kota ini untuk bisa mengkontrol tumbuh kembang putra putri kita,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri Fauzan Adima menjelaskan capaian imunisasi anak ini sebelum covid-19 97-98%. Namun sejak pandemi covid-19, capaian imunisasi ini menurun jadi 45% karena banyak posyandu tutup tidak melakukan aktivitas. Kemarin setelah covid-19 mulai melandai, puskesmas kembali mengaktifkan posyandu. 

Baca Juga : Wali Kota Batu dan Wawali Kompak Bagikan Bendera Merah Putih ke Warga

“Alhamdulillah posyandu semua sudah mulai aktif dan harapannya capaian vaksinasi kita bisa naik secara signifikan,” tambahnya. 

Hadir pula dalam kegiatan ini, Ketua PC Muslimat NU Nurul Latifah, Ketua Persit KCK Cabang XXV Kodim 0809 Kediri Diah Rully Eko Suryawan, Kepala Diskominfo Kota Kediri Apip Permana, Kepala Bagian Perekonomian Tetuko Erwin, Camat Mojoroto Bambang Tri Lasmono, Ketua TP PKK Kecamatan Mojoroto Nurfaikha Bambang Trilasmono, Lurah Mrican Yuli Rachmawati, perwakilan Kejaksaan Negeri Kota Kediri, Gabungan Organisasi Wanita (GOW), kader PKK Kota Kediri, ibu dan balita peserta imunisasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
bulan imunisasi anak nasional Imunisasi di Kota Kediri

Berita Lainnya