Ketua DWP Kabupaten Malang Ajak Tingkatkan Kreativitas, Sulap Barang Bekas Jadi Tas Cantik dan Mahal | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Ketua DWP Kabupaten Malang Ajak Tingkatkan Kreativitas, Sulap Barang Bekas Jadi Tas Cantik dan Mahal

Sep 22, 2022 17:33
Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Malang, Hanik Andriani Wahyu Hidayat (tengah) saat berfoto bersama anggota DWP DLH Kabupaten Malang dalam agenda pelatihan peningkatan kapasitas. (Foto: Istimewa).
Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Malang, Hanik Andriani Wahyu Hidayat (tengah) saat berfoto bersama anggota DWP DLH Kabupaten Malang dalam agenda pelatihan peningkatan kapasitas. (Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Malang, Hanik Andriani Wahyu Hidayat terus mendorong kemandirian anggotanya dengan meningkatkan kompetensinya melalui keterampilan. Salah satunya melalui pelatihan membuat produk kreatif dengan memanfaatkan barang bekas yang dilakukan bersama Dharma Wanita Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Malang yang dilakukan hari ini, Kamis (22/9/2022).

Puluhan anggota Dharma Wanita DLH Kabupaten Malang yang datang pun tampak antusias dan telaten membentuk botol bekas minyak menjadi tas yang cantik. Selain pemberian materi, puluhan peserta langsung praktik secara berkelompok untuk membuat beragam produk kreatif.

Baca Juga : Jelang Tahun Politik Pemilu 2024, MenPAN-RB Tegaskan ASN Harus Netral

WhatsApp-Image-2022-09-22-at-18.08.284bb4649da78a5f49.jpg

Hanik menjelaskan, kegiatan pelatihan ini bukan kali pertama digelar Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Malang. Melainkan sudah kesekian kalinya, dengan tujuan meningkatkan keterampilan seluruh anggota agar lebih kreatif dalam memanfaatkan potensinya untuk meningkatkan kesejahteraan masing-masing.

“Kalau untuk Dharma Wanita DLH Kabupaten Malang ini memang baru pertama kalinya,” kata perempuan kelahiran Probolinggo itu.

Sebelumnya, lanjut Hanik, pada 2020 DWP Kabupaten Malang telah melakukan kerjasama dengan Dinas Koperasi Kabupaten Malang untuk memberikan pelatihan bagi perwakilan anggota DWP di seluruh kecamatan di Kabupaten Malang. Saat itu, puluhan anggota Dharma Wanita dari seluruh Korwed mendapat pelatihan tentang pembuatan pastry.

Hasilnya pun sangat memuaskan, karena para peserta pelatihan tak berhenti dalam pelatihan itu saja. Melainkan terus mengembangkan kemampuannya dan berhasil mendirikan sebuah usaha baru yang itu bermanfaat untuk menambah penghasilan bagi dirinya sendiri juga keluarganya.

“Packaging juga sudah dibenahi sangat bagus, kini dipasarkan dengan jangkauan luas. Saya tahu karena selalu berkomunikasi dan hasilnya dikirimkan ke saya lewat pesan singkat,” jelas Hanik sumringah dengan penuh bangga.

 

Melalui sederet pelatihan itu, ia berharap seluruh anggota DWP Kabupaten Malang semakin termotivasi untuk mengembangkan hal baru dan potensi di sekitarnya. Sehingga visi dan misi DWP Kabupaten Malang yaitu mensejahterakan anggota dan keluargaya bisa terwujud.

Selain itu juga menjadikan Dharma Wanita sebagai organisasi yang menunjukkan eksistensinya untuk turut menyejahterakan masyarakat.

Baca Juga : Di Lumajang Pupuk Subsidi Ikutan Mahal, Pupuk Abal-Abal Beredar Luas

Hanik pun berharap, sederet produk yang berhasil diolah para anggota DWP Kabupaten Malang itu nantinya bisa menjadi salah satu produk andalan Pemerintah Kabupaten Malang yang bisa dipamerkan ke pemerintah daerah maupun berbagai stakeholder di dalam maupun luar negeri.

Karena sampai saat ini, sudah banyak produk dan karya anggota DWP Kabupaten Malang yang disimpan di galeri DWP Kabupaten Malang, dan bisa menjadi pilihan souvenir untuk beberapa kegiatan.

Sementara itu, dalam pelatihan yang diikuti lebih dari 50 orang itu juga menghadirkan pemateri yang juga pengurus DWP Kabupaten Malang. Karena tak sedikit anggota DWP Kabupaten Malang yang memiliki keterampilan mumpuni dalam mengembangkan produk-produk kreatif.

Sehingga, dalam kesempatan itu para pengurus dan anggota bisa saling berbagi terkait pengetahuan yang mereka miliki. Selain itu juga sebagai bentuk pemberdayaan dan memberikan kesempatan bagi seluruh anggota dan pengurus dalam meningkatkan kreativitasnya.

“Banyak pengurus yang luar biasa dan karyanya diakui sampai mancanegara, dan saya hadir di sini sebagai bentuk support dan akan terus mendukung setiap kegiatan yang dilakukan oleh DWP Kabupaten Malang,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Dharma Wanita Persatuan dharma wanita kabupaten malang

Berita Lainnya