30/11/2022 Pake Celana Terlalu Ketat, Bisa Bikin Stretch Mark? Begini Jawaban Ahlinya  | Jatim TIMES

Pake Celana Terlalu Ketat, Bisa Bikin Stretch Mark? Begini Jawaban Ahlinya 

Nov 11, 2022 12:45
Ilustrasi celana ketat bukan menjadi penyebab stretch mark (foto: google)
Ilustrasi celana ketat bukan menjadi penyebab stretch mark (foto: google)

Pewarta: Binti Nikmatur | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

JATIMTIMES - Pakai celana ketat bisa bikin stretch mark menjadi pertanyaan yang kerap diajukan kepada dokter spesialis kulit dan kelamin. Pertanyaan itu juga bikin sebagaian dokter SpKK terheran-heran untuk menjawabnya. 

Ya, sebelumnya diketahui, stretch mark atau striae merupakan guratan-guratan garis pada kulit (keputihan), kemerahan atau kecoklatan. Stretch mark paling umum ditemukan di bagian lengan atas dekat ketiak, di sekitar bokong dan paha atas, pada bagian perut dan bagian bawah payudara. 

Baca Juga : Kronologi Anak Anggota Dewan Arif Rahman Hakim Jadi Korban Tabrak Lari di Bekasi

Dilansir dari alodokter, stretch mark ini timbul akibat peregangan yang berlebihan pada kulit (misalnya akibat kegemukan atau kehamilan). 

Menanggapi pertanyaan pakaian ketat bisa bikin stretc mark, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr Listya Paramita, Sp.KK angkat bicara. Dokter spesialis kulit dan kelamin yang aktif di Instagram dengan 338 ribu followers itu menyebut tidak ada teori yang menyebutkan celana ketat bisa bikin stretch mark. 

"Ya ga bakalan bisa, itu teori dari mana. Ga ada teori kayak gitu. Stretc mark itu bukan karena pakaian celana ketat, tapi nemang karena peregangan kulitnya," terangnya. 

Penyebab dari peregangan kulit itu bisa beragam. Misalnya karena nambah berat badan, hamil, atau penambahan berat badan ekstrim. 

"Atau jangan-jangan pakai lotion tertentu. Ya, pakai lotion pemutih abal-abal itu yang mengandung steroid. Ya iya, bikin stretch mark dia, atrofinya muncul," katanya. 

"Sekali lagi bukan karena celananya ketat," tegas dokter yang klinik utamanya di Pekanbaru, Riau tersebut. 

Baca Juga : Polisi Ungkap Fakta Pemeran Wanita Kebaya Merah, Ternyata Memiliki Kepribadian Ganda

Masalah lain juga bisa timbul akibat celana ketat, namun sekali lagi dokter Listya menyebut celana ketat tidak menyebabkan stretch mark. Akibat celana ketat bisa menimbulkan seperti lecet di selangkangan atau kemerahan hingga menggelap. 

"Stretch mark bisa dipengaruhi oleh faktor genetik, jadi secara genetik lebih gampang 'mekar'," kata dokter Listya. 

Meski begitu, menurut Dia, stretch mark bisa disamarkan. "Dengan treatment, stretch mark biaa disamarkan tapi hilang total tetap tidak bisa," jelas dokter Listya.

Judul berita Pake Celana Terlalu Ketat, Bisa Bikin Stretch Mark? Begini Jawaban Ahlinya .

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
stretch mark celana ketat

Berita Lainnya