Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Penasaran Benda Pusaka, Batu Keris Festival Digeruduk Pelajar Kota Batu

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

15 - Nov - 2022, 20:43

Placeholder
Pelajar saat mengamati benda pusaka di Batu Keris Festival, Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani.

JATIMTIMES - Mengusung tema The Wonderful Keris of Indonesia, Batu Keris Festival yang berlangsung selama 14-16 November benar-benar dimanfaatkan masyarakat Kota Batu. Para pelajar menggeruduk kawasan Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani untuk melihat pameran ini.

Sejak berlangsungnya pameran, para pelajar berbondong-bondong datang ke sana. Terlihat mulai dari tingkat SD hingga SMP datang mengamati keris, senjata pusaka, dan sebagainya.

Baca Juga : Kakek 79 Tahun Diduga Nekat Memasukkan Tali Sepanjang 90 Inci ke Penis, Begini Kisahnya

Seperti halnya pada Selasa (15/11/2022) para pelajar SMP PGRI 01 Batu, berbondong-bondong dan antusias dengan berbagai pusaka yang dipajang. Hingga pelaku dan pelestari keris dan pusaka Kota Batu juga menjelaskan kepada mereka.

Salah satu pelaku dan pelestari itu menjelaskan, jika terdapat berbagai ukuran dan jenis keris yang ada dalam pameran. Juga ada perbedaan dengan patrem dan cundrik dengan ukuran lebih kecil dari keris yang zaman dahulu sebagai senjata kaum wanita.

Tak hanya itu saja mereka juga mendapatkan edukasi memeragakan bagaimana merawat dan menerapkan adab dalam memperlakukan benda pusaka. Batu Keris festival ini memang dihadirkan sebagai ajang edukasi khususnya kepada generasi pemuda atau pelajar.

Ketua Paguyuban Tosan Aji Sangga Braja, Raden Tumenggung Sudarno Hadipuro menjelaskan pameran ini untuk melestarikan budaya nusantara yang telah diakui oleh UNESCO. Sekaligus untuk menambah edukasi terkairt benda pusaka.

Baca Juga : Mendikbudristek Tetapkan 15 Cagar Budaya Peringkat Nasional 2022, Salah Satunya di Kediri

Juga untuk mengajak masyarakat agar ikut melestarikan budaya milik sendiri. “Supaya ada generasi selanjutnya yang melestarikan benda pusaka ini. Sehingga dengan kegiatan ini juga sebagai sarana edukasi bagi para pelajar juga,” ujar Sudarno.

“Generasi penerus bangsa supaya bisa mengenal karya-karya agung warisan para leluhurnya,” ucap Sudarno.


Topik

Wisata



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya