Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Gempa Bumi, Bencana Alam yang sudah Banyak Dijelaskan dalam Alquran

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : A Yahya

22 - Nov - 2022, 07:59

Placeholder
Ilustrasi rumah rusak akibat gempa bumi (pixabay)

JATIMTIMES - Gempa bumi menjadi sebuah musibah atau fenomena umum yang dialami di bumi. Seperti yang terjadi di Cianjur kemarin. Gempa dengan Magnitudo (M) 5,6 ini bahkan dikabarkan menimbulkan korban jiwa dan korban luka. Tetapi, semua yang terjadi, termasuk gempa bumi tentunya atas kehendak Allah SWT.

Segala yang terjadi di dunia, telah tercatat dalam  Lauhul Mahfudz. Mengenai gempa bumi, hal tersebut juga telah dijelaskan dalam Alquran. Untuk itu, sebagai umat Islam harus mempercayai bahwa segalanya berasal dari Allah.

Baca Juga : Aremania Pasang Spanduk Usut Tuntas di Markas Polisi, Netizen Beri Semangat 

Tentang gempa bumi, dijelaskan dalam Alquran surat Al Hadid ayat 22, Allah SWT berfirman,"Tiada suatu bencana pun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah".

Selain itu, diolah dari beberapa sumber, beberapa ayat dalam Alquran juga membahas khusus terkait gempa bumi. Seperti Alquran surat Az-Zalzalah ayat 1-2, Allah SWT berfirman tentang gempa bumi. Surat Az-Zalzalah Ayat 1, "Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat)". Surat Az-Zalzalah Ayat 2, "Dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung, red)nya.

Begitupun pada Surat Al-'Ankabut Ayat 37. Di situ juga dijelaskan, "Maka mereka mendustakan Syu'aib, lalu mereka ditimpa gempa yang dahsyat, dan jadilah mereka mayat-mayat yang bergelimpangan di tempat-tempat tinggal mereka".

Selanjutnya pada Surat Al-An'am Ayat 65 juga menjelaskan adanya azab yang berasal dari langit dan bumi. Seperti halnya gempa bumi.  Hal ini juga menjadi salah satu pengingat manusia untuk mereka yang tersesat kembali ke fitrahnya. "Katakanlah: "Dialah yang berkuasa untuk mengirimkan azab kepadamu, dari atas kamu atau dari bawah kakimu atau Dia mencampurkan kamu dalam golongan-golongan (yang saling bertentangan) dan merasakan kepada sebagian kamu keganasan sebagian yang lain. Perhatikanlah, betapa Kami mendatangkan tanda-tanda kebesaran Kami silih berganti agar mereka memahami(nya)".

Pada Surat Al-A'raf ayat 78, juga menjelaskan mereka yang terkena musibah gempa, yang kemudian mati. " Lalu datanglah gempa menimpa mereka, dan mereka pun mati bergelimpangan di dalam reruntuhan rumah mereka".

Baca Juga : 88 Kali Gempa Susulan di Cianjur, Data Terakhir: 126 Meninggal Dunia dan 326 Luka-Luka 

Surat Al Waqiah ayat 4 pun sama, yakni juga membahas tentang gempa bumi. "Apabila bumi diguncangkan sedahsyat-dahsyatnya".

Dan terakhir ayat yang menyinggung terkait gempa bumi adalah Al-Mulk ayat 16. "Sudah merasa amankah kamu, bahwa Dia yang di langit tidak akan membuat kamu ditelan bumi ketika tiba-tiba ia terguncang?".


Topik

Agama



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

A Yahya