04/02/2023 Ironis, Jalan di Pusat Kota Blitar Rusak dan Berlubang, Rawan Sebabkan Korban Jiwa | Jatim TIMES

Ironis, Jalan di Pusat Kota Blitar Rusak dan Berlubang, Rawan Sebabkan Korban Jiwa

Nov 22, 2022 17:46
Kondisi Jalan Cempaka Kota Blitar yang rusak dan berlubang. (Foto: Aunur Rofiq/ JATIMTIMES)
Kondisi Jalan Cempaka Kota Blitar yang rusak dan berlubang. (Foto: Aunur Rofiq/ JATIMTIMES)

Pewarta: Aunur Rofiq | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

JATIMTIMES-Pembangunan infrastruktur di Blitar Raya ditengarai mengalami kemunduran. Terkini, kerusakan jalan terjadi di hampir seluruh wilayah Kabupaten Blitar. Hal yang sama, juga mulai ditemui di Kota Blitar.

Terkini di Kota Blitar, kerusakan jalan cukup parah terjadi di jalur Jalan Cempaka, Kecamatan Sukorejo. Jalur ini cukup strategis, jalan yang berada di jantung kota ini adalah penghubung utama ke kawasan perbelanjaan, Pasar Legi, tempat peribadatan umat Kristiani dan lembaga pendidikan.

Baca Juga : PSSI Kota Blitar Kirimkan 2 Tim di Piala Soeratin Jawa Timur

Pantauan awak media, lubang-pubang cukup besar itu diantaranya berada tepat di depan Bank BCA Blitar dan barat lampu merah Kawi. Kearah barat, jalan ini adalah jalur utama menuju Rumah Sakit Syuhada Haji, SMKN 2 Blitar. Sedangkan ke arah timur, jalan ini adalah jalur utama menuju SMPN 2 Kota Blitar. Tak hanya itu, di sekitaran lokasi jalan rusak ini juga terdapat apotek, perbankan, dan sekolah.

Jarno (58), salah satu warga Kota Blitar yang setiap hari melewati jalur Jalan Cempaka menuturkan, kerusakan jalan di wilayah itu terjadi sudah cukup lama. Tidak adanya perawatan jalan membuat jalan tidak merata. Beberapa waktu terakhir, akibat sering diguyur hujan dan tingginya volume kendaraan membuat jalan menjadi berlubang.

Tidak adanya perbaikan membuat lubang-lubang itu semakin dalam. Untuk menghindari korban jiwa, jalan-jalan berlubang itu diberi tanda berupa garis putih.

“Yang berlubang semakin hari terus bertambah mas. Dan lubangnya semakin dalam akibat dari air hujan. Saya setiap hari selalu lewat sini, karena kerja saya jualan. Ironis kalau rusak begini karena jalan ini jalur yang padat. Jalur ini penghubung ke kawasan sekolahan, timur ke SMPN 2 dan barat ke SMKN 2. Juga ke Pasar Legi, orang dari wilayah selatan pasti lewat sini,” kata Jarno yang sehari-hari berjualan bubur ayam, Selasa (22/11/2022).

Jarno dan warga Kota Blitar lainnya berharap pemerintah daerah segera bertindak dengan memperbaiki Jalan Cempaka. ”Kami rakyat kecil harapannya cuma ingin Jalan Cempaka ini segera diperbaiki. Di sini bukan hanya pengguna jalan saja, siang dan malam ada PKL yang berjualan, kasihan kalau jalannya rusak, kami kuatir kalau rusaknya lebih parah nanti lalu lintas jadi semrawut,” tukasnya.

Baca Juga : Tahapan Pemilu 2024 di Kota Blitar Dimulai Bulan November

Kerusakan Jalan Cempaka yang tidak kunjung mendapat perbaikan mendapat sorotan dari kalangan wakil rakyat di DPRD Kota Blitar. Wakil Ketua DPRD Kota Blitar, Agus Zunaidi mendesak kepada Pemkot Blitar melalui Dinas PUPR agar segera melakukan revitalisasi Jalan Cempaka melalui anggaran pemeliharaan.

“Ini kan musim hujan, kalau tidak cepat diperbaiki tentu akan membahayakan pengguna jalan, karana jalan di situ kan lokasinya di pusat kota yang mobilitasnya padat. Pemkot melalui Dinas PU harus cepat tanggap dengan anggaran pemeliharaan. Untuk Dinas PU, segera hitung anggaran pemilaharaanya dan segera lakukan perbaikan agar masyarakat nyaman,” kata Agus.

Judul berita Ironis, Jalan di Pusat Kota Blitar Rusak dan Berlubang, Rawan Sebabkan Korban Jiwa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
jalan rusak blitar Jalan Rusak

Berita Lainnya