30/01/2023 Direktur RSUD dr Iskak Tulungagung: Masyarakat Tidak Mampu Bisa Akses Rehabilitasi Napza secara Gratis  | Jatim TIMES

Direktur RSUD dr Iskak Tulungagung: Masyarakat Tidak Mampu Bisa Akses Rehabilitasi Napza secara Gratis 

Nov 23, 2022 17:49
Direktur RSUD dr Iskak Tulungagung Supriyanto Dharmorejo (baju putih) saat dikonfirmasi usai acara Peresmian Balai Rehabilitasi Napza Adhyaksa Ayem Tentrem Tulungagung, Rabu (23/11/2022). (Foto: Muhsin/ TulungagungTIMES).
Direktur RSUD dr Iskak Tulungagung Supriyanto Dharmorejo (baju putih) saat dikonfirmasi usai acara Peresmian Balai Rehabilitasi Napza Adhyaksa Ayem Tentrem Tulungagung, Rabu (23/11/2022). (Foto: Muhsin/ TulungagungTIMES).

Pewarta: Muhamad Muhsin Sururi | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

JATIMTIMES - Direktur RSUD dr Iskak Tulungagung, Supriyanto Dharmorejo menyampaikan, bagi masyarakat Kabupaten Tulungagung yang tidak mampu, bisa mengakses pelayanan pengobatan dan rehabilitasi Napza secara gratis.

Biaya pelayanan pengobatan dan rehabilitasi Napza di RSUD dr Iskak Tulungagung sendiri, tarif normalnya adalah sekitar 6 sampai 8 juta rupiah untuk satu orang pasien dengan masa 2 minggu perawatan.

Baca Juga : Capaian Bupati Gresik dan Wakil Bupati Gresik Wujudkan Nawa Karsa (Edisi III)

"Normalnya, biaya per orang dalam 2 minggu sekitar 6-8 juta, tetapi jika tidak punya uang ya tidak harus bayar (gratis)," kata pria yang akrab disapa Dokter Pri usai peresmian Balai Rehabilitasi Napza Adhyaksa Ayem Tentrem Tulungagung, Rabu (23/11/2022).

Dia menjelaskan, Balai Rehabilitasi Napza yang ada di RSUD dr Iskak, bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang komprehensif kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya Kabupaten Tulungagung.

Selain itu, pelayanan Rehabilitasi Napza yang ada di RSUD dr Iskak merupakan wujud kerjasama antara Pemkab melalui RSUD dr Iskak dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Tulungagung dan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur sebagai bentuk menjalankan amanah dari Kejaksaan Agung RI.

"Kejaksaan Agung mengamanahkan bahwa memberikan pelayanan kepada pasien penyalahgunaan Napza melalui pelayanan rehabilitasi yang komprehensif adalah tanggungjawab bersama," jelasnya.

Menurut Dokter Pri, pelayanan rehabilitasi Napza yang ada di RSUD dr Iskak adalah pelayanan rumah sakit yang memberikan pelayanan pengobatan dan rehabilitasi Napza secara terpadu untuk memulihkan dan mengembalikan kemampuan fisik, mental dan sosial penderita dan membebaskan pecandu penyalahgunaan narkoba, psikotropika dan zat adiktif lainnya dari ketergantungan terhadap Napza.

Sedangkan, sumber pembiayaan dari Balai Rehabilitasi Napza dan ruang-ruang pelayanan di dalamnya adalah murni dari anggaran dana fungsional BLUD RSUD dr Iskak Tulungagung.

Balai Rehabilitasi Napza Adhyaksa Ayem Tentrem Tulungagung, ditunjang dengan Sumberdaya Manusia (SDM) yang lengkap terdiri dari 1 dokter psikiater, 2 dokter umum yang sudah dilatih sebagai dokter ruangan, 2 psikolog, paramedis dan kepala ruangan maupun administrasi yang semuanya sudah melalui tahap pelatihan.

Baca Juga : Kabur Usai Tabrak Elf, Truk di Sumawe Justru Hantam Pickup

"SDM sudah cukup mumpuni karena sudah melalui proses pelatihan hingga dinyatakan lulus, untuk menangani kasus-kasus akut," ungkapnya.

Untuk proses rehabilitasi, kata Dokter Pri, jika masuk kategori akut membutuhkan waktu 2 minggu perawatan. Setelah masa perawatan selesai, akan digeser atau dipindah ke BNN sambil dilakukan terapi okupasi untuk mengembalikan kondisi fisik, mental dan sosialnya.

Untuk memaksimalkan proses rehabilitasi, Pemkab Tulungagung juga mempersiapkan BLK (Balai Latihan Kerja) yang menjadi bagian dari sistem integratif dari paripurnanya atau selesainya penanganan pasien atau korban penderita Napza.

"Fasilitas Balai Rehabilitasi Napza ada banyak, mulai seni, hiburan, tempat ibadah dan tempat olahraga. Pada intinya fasilitas untuk mengembalikan ke fungsi semula sudah kita siapkan," tutupnya.

Judul berita Direktur RSUD dr Iskak Tulungagung: Masyarakat Tidak Mampu Bisa Akses Rehabilitasi Napza secara Gratis .

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
balai rehabilitasi napza rsu dr iskak tulungagung

Berita Lainnya