30/11/2022 Pupuk Subsidi Langka, Ribuan Petani Demo Dinas Pertanian Kabupaten Bangkalan  | Jatim TIMES

Pupuk Subsidi Langka, Ribuan Petani Demo Dinas Pertanian Kabupaten Bangkalan 

Nov 24, 2022 16:41
Tampak, ribuan masa saat melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Dinas Pertanian tanaman pangan dan holtikultura (Dispertahorbun) Kabupaten Bangkalan (Foto: Imam/JatimTIMES) 
Tampak, ribuan masa saat melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Dinas Pertanian tanaman pangan dan holtikultura (Dispertahorbun) Kabupaten Bangkalan (Foto: Imam/JatimTIMES) 

Pewarta: Imam Faikli | Editor: Dede Nana

JATIMTIMES - Pupuk bersubsidi di Kabupaten Bangkalan kini menjadi problem bagi masyarakat bawah, khususnya para petani. Sebab memasuki musim tanam tahun ini, para petani mengeluh sulit mendapatkan pupuk. 

Akibatnya, ribuan para petani meluapkan amarahnya dengan melakukan aksi unjuk rasa atau demo di depan kantor Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Dispertahorbun) Kabupaten Bangkalan, Kamis (24/11/2022). 

Baca Juga : Sambil Ngetrail, Kodim Ngawi Gelar Baksos Bagi Warga Pinggiran

Kordinator lapangan (Korlap) aksi M. Kholilurrohman menyebutkan, berdasarkan keluh kesah masyarakat dan laporan terkait ketersediaan pupuk yang langka atau sulit untuk didapatkan, dia mengaku kecewa terhadap kinerja Dinas Pertanian. 

Selain sulit di apatkan, pria yang akrab disapa Holil ini mengaku, bahwa sistem administrasi penyaluran pupuk subsidi juga ribet alias jlimet. Hal itu dikarenakan kurangnya pendekatan dan sosialisasi dari pihak PPL maupun Poktan. 

"Sistem administrasinya bobrok, sehingga itu yang membuat lambatnya penyaluran pupuk," ujar Holil saat ditemui. 

Padahal kata dia, bertani merupakan mata pencaharian utama mereka untuk bekal hidup selama satu tahun ke depannya. Apalagi saat ini sudah memasuki musim tanam, tentu para petani sangat membutuhkan pupuk. 

“Kalau pupuk terus sulit didapat, sudah pasti masyarakat akan mengalami kegagalan bertani dan bercocok tanam. Lantas apa yang mau mereka makan?” lanjut dia. 

Oleh sebab itu, aksi unjuk rasa yang mengatasnamakan Aliansi Pemuda dan Masyarakat Tani, membeberkan beberapa tuntutan untuk dinas terkait agar dijadikan bahan evaluasi ke depan, diantaranya: 

1. Menyelesaikan persoalan Keterbatasan/kelangkaan pupuk di Masyarakat baik yang subsidi atau pun non subsidi.
2. Mengoptimalkan Realisasi Program Kartani
3.  Menerapkan E-RDKK secra transparan sehingga dapat diakses oleh publik
4. Penyuluh dan Poktan harus melakukan Sosialisasi terhadap masyarakat secara inten terutama di tengah optimalisasi penerapan Kartu Tani
5. Membuat kois disetiap desa agar terjangkau diakses oleh masyarakat
6. Apabila tuntutan kami tidak diindahkan selama 7x24 jam, maka kami akan datang kembali dengan masa aksi yang jauh lebih banyak. 

Baca Juga : Geruduk Pendapa RHN, Atlet Peraih Medali Porprov Tagih Janji Pemkab Blitar Terkait Bonus

Menanggapi hal itu, Kepala Dispertahorbun Bangkalan Puguh Santoso menuturkan, secara umum pihaknya setuju dengan semua tuntutan tersebut. Sebab menurutnya, jika tuntutan tersebut terealisasi, maka akan mempermudah masyarakat mengakses pupuk. 

"Kami sangat setuju dengan permintaan masyarakat, agar masyarakat lebih mudah mendapatkan pupuk akan kami tindaklanjuti," katanya menanggapi. 

Sementara untuk realisasi kartu tani, pihaknya mengaku, akan mendiskusikan kembali dengan pihak Bank BNI selaku penyedia. Adapun kalau untuk pembentukan kios di setiap desa, dia hanya bisa berharap terhadap pihak distributor. 

"Semoga saja, distributor bisa merealisasikan hal tersebut. Sementara untuk lain-lainnya kami akan tindaklanjuti," pungkasnya.

Judul berita Pupuk Subsidi Langka, Ribuan Petani Demo Dinas Pertanian Kabupaten Bangkalan .

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Pupuk Subsidi Langka demo petani

Berita Lainnya