30/11/2022 Wabup Jember Sebut JMF Sebagai Upaya Kurangi Angka Pengangguran | Jatim TIMES

Wabup Jember Sebut JMF Sebagai Upaya Kurangi Angka Pengangguran

Nov 24, 2022 16:47
Wakil Bupati Jember KH. MB. Firjaun Barlaman saat melihat stand perusahaan yang membuka lowongan kerja di JMF 2022 (foto : Moh. Ali Makrus / Jember TIMES)
Wakil Bupati Jember KH. MB. Firjaun Barlaman saat melihat stand perusahaan yang membuka lowongan kerja di JMF 2022 (foto : Moh. Ali Makrus / Jember TIMES)

Pewarta: Moh. Ali Mahrus | Editor: Nurlayla Ratri

JATIMTIMES – Acara Jember Job Market Fair (JMF) 2022 yang digelar pada Kamis (24/11/2022) di gedung Balai Serba Guna dibuka oleh Wakil Bupati Jember KH. MB. Firjaun Barlaman dan didampingi oleh Kejari Jember I Nyoman Sucitrawan, SH., MH. Serta sejumlah pejabat.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup menyatakan, bahwa JMF 2022 ini merupakan upaya ikhtiar Pemkab Jember dalam menekan angka pengangguran. Pemkab Jember memfasilitasi para pencari kerja dengan perusahaan.

Baca Juga : Inovasi One Day Service Ala Kecamatan Kepanjen Akan Meriahkan Anugerah Desa Terbaik TIK Kabupaten Malang

"Ini adalah salah satu upaya Kabupaten Jember untuk membuka lowongan pekerjaan bagi para pencari kerja. Dan juga sebagai fasilitator untuk dipadukan dengan para pencari kerja," tutur Wakil Bupati Jember.

Pihaknya berharap, setelah adanya JMF ini, angka penganggutan di Kabupaten Jember juga berkurang. Sehingga terus menurun persentase penggangguran yang ada di Kabupaten Jember. Selain itu untuk meningkatkan rata-rata penghasilan masyarakat Jember.

JMF ini sendiri diikuti oleh 36 perusahaan baik lokal, regional maupun perusahaan nasional, dengan jumlah lowongan pekerjaan (loker) yang dibuka mencapai 3078. Data yang masuk di kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Jember, jumlah pendaftar mencapai 14 ribu lebih, dan yang hadir di lokasi JMF lebih dari 4 ribu pelamar.

Baca Juga : Pemkot Kediri dan BPJS Ketenagakerjaan Proteksi Peserta Pelatihan Prodamas Plus

 "Yang minat dan mendaftar untuk mencari kerja, di data kami tercatat ada 14 ribu lebih. Namun yang hadir pada saat pelaksanaan hari ini diperkirakan hanya kisaran 5 sampai 7 ribu saja," ujar Kasi Penempatan Kerja Disnaker Rida Herawati. (*)

Judul berita Wabup Jember Sebut JMF Sebagai Upaya Kurangi Angka Pengangguran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Berita Jember job fair

Berita Lainnya