Jatim Times Network Logo
08/02/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Unisba Blitar Gelar Yudisium dengan Tema Kebhinekaan, 570 Mahasiswa Dinyatakan Lulus

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Dede Nana

27 - Nov - 2022, 06:32

Unisba Blitar sukses menggelar Yudisium Tahun Akademik 2021-2022.(Foto : Aunur Rofiq/JATIMTIMES)
Unisba Blitar sukses menggelar Yudisium Tahun Akademik 2021-2022.(Foto : Aunur Rofiq/JATIMTIMES)

JATIMTIMES - Sebanyak 570 mahasiswa Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar dari 8 fakultas mengikuti acara yudisium tahun akademik 2021-2022, Sabtu (26/11/2022).

Yudisium dilaksanakan menjelang wisuda sarjana Unisba Blitar yang sesuai jadwal akan dilaksanakan pada pertengahan Desember mendatang.

Baca Juga : One Day Adventure Trail: Ngetrail Sambil Baksos

Dengan yudisium ini, 570 mahasiswa Unisba Blitar resmi dinyatakan lulus dan menyandang gelar sarjana. Ratusan lulusan itu terdiri dari Fakultas Teknik (16 mahasiswa Prodi Teknik Elektro, 24 mahasiswa Prodi Teknik Sipil, Fakultas Pertanian (16 mahasiswa Prodi Agribisnis, 3 mahasiswa Prodi Agroteknologi). 

Lalu, Fakultas Peternakan (31 mahasiswa Prodi Ilmu Ternak), Fakultas Teknologi Informasi (67 mahasiswa Teknik Informatika, 7 mahasiswa Sistem Komputer), Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (52 mahasiswa Prodi Administrasi Negara, 39 mahasiswa Prodi Administrasi Niaga, 3 mahasiswa Prodi Sosiologi, 23 mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi), Fakultas Ekonomi (130 mahasiswa Prodi Manajemen, 71 mahasiswa Prodi Akuntansi). 

Fakultas Hukum (23 mahasiswa Prodi Ilmu Hukum), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (12 mahasiswa Prodi Bahasa Inggris, 6 mahasiswa Prodi PPKN,  8 mahasiswa Prodi Biologi, 33 mahasiswa Prodi Pendidikan Sekolah Dasar).

Di agenda Yudisium ini, Unisba Blitar juga mengumumkan mahasiswa terbaik dari program studi dan fakultas. Para mahasiswa terbaik itu masing-masing Catur Pamungkas (Prodi Teknik  Elektro, IPK 3,56), Lucky Aprilia (Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian, IPK 3,93), Vivin Aminatu Sholicah (Prodi Ilmu Ternak Fakultas Peternakan, IPK 3,77), Ananda Dwi Oktavianto (Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi, IPK 3,8), Rizki Hidayati (Prodi Administrasi Negara, IPK 3,69), Moh Safrudin (Prodi Administrasi Niaga, IPK 3,74), Imam Turmudi (Prodi Sosiologi, IPK 3,86), Luthfi Setyo Pangestu (Prodi Ilmu Komunikasi, IPK 3,82), Angga Diputra (Prodi Ekonomi Fakultas Ekonomi, IPK 3,86), Tasya Imelda Dievar (Prodi Ilmu Hukum Fakultas Hukum, IPK 3,64), Yuana Indah Sriati (Prodi Bahasa Inggris, IPK 3,78), Dita Putri Lestari (Prodi PPKN, IPK 3,78), Siti Nurni Fidinana B (Prodi Biologi, IPK 3,75), Anindia Nur Amalia (Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPK 3,75).

Dalam sambutanya, Rektor Unisba Blitar Dr Soebiantoro menyampaikan ucapan selamat kepada para peserta yudisium yang telah berjuang dan menuntaskan pembelajarannya di Unisba Blitar. 

Selain itu Soebiantoro berharap agar mahasiswa yang telah lulus dapat memanfaatkan ilmu yang didapat selama belajar di bangku kuliah dengan baik. Sehingga dapat ikut berkontribusi nyata dalam masyarakat kedepannya.

“Saya berharap seluruh alumni Unisba Blitar selalu membawa nama baik almamater kampus ini. Unisba ini kampus Islam, saya berharap alumni dalam berperilaku selalu bertindak sesuai dengan nilai-nilai keimanan, ketaqwaan dan keislaman,” kata Soebiantoro. 

Lebih lanjut Soebiantoro dalam kesempatan ini mendorong agar seluruh mahasiswa berkontribusi aktif dalam pembangunan bangsa dan negara.

Baca Juga : Pelestari Lagu Legenda Koes Plus Gelar Parade se-Jawa di Tanah Kelahiran Tuban

“Unisba ini terkenal sebagai kampus entrepreneurship. Ini karena memang seluruh mahasiswa kita bekali dengan kewirausahaan. Namun tidak semuanya lulusan berminat menjadi wirausaha, ada banyak lulusan yang ingin mengabdi kepada bangsa dan negara di bidang pemerintahan. Ada juga yang ingin berkarier di perusahaan BUMN dan swasta. Apapun bidang yang dipilih harus dijalani dengan profesionalitas. Lulusan Unisba Blitar harus berkontribusi untuk bangsa dan negara,” imbuhnya.

Ada pemandangan berbeda di gelaran Yudisium Sarjana Unisba Blitar edisi kali ini. Selain pertama kalinya digelar secara luring pasca pandemi Covid-19, panitia kegiatan Yudisium kecuali jajaran rektorat dan dekan, seluruhnya mengenakan pakaian adat Nusantara. 

Ketua Panitia Yudisium Unisba Blitar Tahun 2022, Dr Andiwi Meyfilina menyampaikan, tema kebhinekaan ini dipilih sebagai wujud Unisba Blitar ikut melestarikan adat dan budaya Nusantara serta kearifan lokal.

“Indonesia dari Sabang sampai Merauke adalah bangsa yang kaya akan sejarah dan budaya. Hari ini tema kebhinekaan ini kami pilih sebagai wujud nguri-uri kebudayaan dan mengobarkan semangat nasionalisme. Sebagai kampus islami, Unisba juga ikut melestarikan adat dan budaya Nusantara,” kata Andiwi.

Andiwi menambahkan, rencananya tema kebhinekaan ini akan berlanjut dalam gelaran wisuda sarjanna yang akan digelar pada 17 Desember 2022.”Sama seperti hari ini, pas wisuda nanti panitia sesi acara akan memakai pakaian adat. Khusus untuk jajaran rektorat dan dekan dari seluruh fakultas memakai pakaian Toga sesuai dengan statuta,” pungkas Andiwi.


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Dede Nana

Berita Lainnya