Jatim Times Network Logo
08/02/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Civil Expo ITS, Hadirkan Narasumber Lintas Negara hingga Lomba Teknik Sipil

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : Dede Nana

29 - Nov - 2022, 12:30

Civil Expo ITS 2022
Civil Expo ITS 2022

JATIMTIMES - Civil Expo event besar tahunan yang diadakan oleh Departemen Teknik Sipil ITS kembali hadir secara hybrid pasca pandemi Covid-19. Mengusung tema besar 
“Developing Smart City Concept of IKN Nusantara through Sustainable Construction” rangkaian acara ini dibagi ke dalam tiga agenda utama. Yaitu seminar yang sekaligus menjadi pembuka acara ini, rangkaian lomba dalam bidang ketekniksipilan, dan ditutup dengan konferensi dan gala dinner.

Seminar daring atau webinar yang sekaligus menandakan dimulainya serangkaian  acara Civil Expo ITS 2022 ini dilaksanakan dengan mengundang narasumber dari dalam dan luar negeri.

Baca Juga : Hingga Akhir November, Kawasan Malang Raya Masih Akan Diguyur Hujan, Waspadai Bencana

Peneliti dari Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Universiti Teknologi PETRONAS Malaysia, Ir. Dr. M. Mubarak, Profesor dari Fakultas Ilmu Alam dan Teknik Universitas Soka Jepang Prof. Tatsuki Toda, serta dosen dan asisten ahli Laboratorium Tanah Departemen Teknik Sipil ITS, Dr. Yudhi Lastiasih, diundang untuk membahas topik seminar ini. Yaitu “Developing an Eco-Friendly Sustainable Construction for IKN Nusantara”.

Menyusul acara pembukaan, Civil Expo ITS 2022 mengadakan empat lomba di bidang ketekniksipilan, Geotechnical Engineering Competition (GEC), Construction Project Planning Competition (CPCC),National Bridge Design Competition (NBDC), dan Civil Engineering Student Competition (CESC). 

Total hadiah dari lomba Civil Expo ITS 2022 senilai Rp 58,5 juta. Dari total 88 tim yang mendaftar, didapatkan 25 tim finalis dari keempat lomba setelah dilakukan penyisihan. Ke-25 tim ini diundang dengan akomodasi yang dibiayai secara penuh untuk mengikuti babak final lomba di Departemen Teknik Sipil ITS Surabaya yang berlangsung pada 22-24 November 2022.

Acara penutupan ini dibuka dengan sesi panel discussion dengan topik “Facing Challenges towards Indonesia’s Sustainability: Implementation of Green Construction”. Pada sesi ini, dihadirkan empat orang ahli di bidang ketekniksipilan, yaitu perwakilan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ir. Adjar Prajudi, Direktur Utama PT PP Properti Yuyus Juarsa, CEO Green Building Widya Kartika Ary Dwi Jatmiko, serta dosen dan Kepala Laboratorium Manajemen Konstruksi ITS Christiono Utomo.

“Salah satu hal yang penting untuk menerapkan Green Construction di Indonesia adalah kolaborasi dari semua stakeholder yang ada. Yaitu, pemerintah, akademisi, pengusaha, dan masyarakat," ujar salah satu panelis Yuyus Juarsa.

Baca Juga : Dispendik Kenalkan Larisa dalam Lomba Konten Kreator, Pelajar SDN 9 Tumpakrejo Jual BTS Secara Online

Sesi panel discussion dilanjutkan dengan gala dinner yang diikuti oleh seluruh tamu undangan, peserta, dan panitia. Setelah itu, dilaksanakan pengumuman pemenang dan awarding lomba.

Lomba GEC, NBDC, CPCC, dan CESC masing-masing dimenangkan oleh Tim Kuya Earthbender dari Institut Teknologi Bandung, Tim Forte dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Tim Carani Civil Corporation dari Politeknik Negeri Malang, dan Tim CELEST!AL dari SMAN 2 Madiun. Penyerahan hadiah kepada pemenang lomba Civil Expo ITS 2022 Acara penutupan Civil Expo ITS 2022 sendiri telah sukses dilaksanakan dan mendapatkan banyak apresiasi dari para tamu undangan yang mengaku dapat menikmati serangkaian acara yang kondusif dan menarik.

“Acara seperti ini sangat bagus, seharusnya dilaksanakan lebih sering. Mahasiswa jadi tahu bagaimana bidang teknik sipil di dunia nyata, di dunia kerja,” puji Ketua Bidang Pelaksanaan Bangunan Gedung Satgas Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR, Ir. Adjar Prajudi.


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

Dede Nana

Berita Lainnya