27/01/2023 Insiden Penembakan Massal di Festival Imlek California, 10 Orang Tewas  | Jatim TIMES

Insiden Penembakan Massal di Festival Imlek California, 10 Orang Tewas 

Jan 23, 2023 07:59
Ilustrasi penembakan (foto dari internet)
Ilustrasi penembakan (foto dari internet)

Pewarta: Binti Nikmatur | Editor: Dede Nana

JATIMTIMES - Di tengah perayaan Tahun Baru Imlek, seorang pria bersenjata melepaskan tembakan, Sabtu (22/1/2023) di Monterey Park, California Selatan. Akibat insiden itu 10 orang dikabarkan tewas dan 10 lainnya mengalami luka-luka. 

Melansir NBC News, saat konferensi pers pada Minggu (23/1) pagi, Divisi Pembunuhan Departemen Sheriff, Los Angeles, Kapten Andrew Meyer menyampaikan belum diketahui motif di balik pembantaian tersebut.  

Baca Juga : Mewah nan Elegan, Perayaan Malam Tahun Baru China di Ah Yat Abalone Forum Restaurant Malang

Petugas Departemen Kepolisian Monterey, Robert Luna menyampaikan pertama kali mengetahui insiden tersebut setelah ada laporan penembakan pada Sabtu (22/1) malam pukul 10.22 waktu setempat. 

Saat laporan itu diterima, petugas kepolisian menemukan sepuluh orang tewas di tempat. Sementara 10 orang lainnya dievakuasi ke rumah sakit dengan kondisi dari stabil hingga kritis. Empat dari yang terluka tersebut dirawat di LAC + USC Medical Center. 

Pihak berwenang masih bekerja untuk mengidentifikasi para korban. Menurut Luna, 10 orang yang tewas tersebut adalah lima berjenis kelamin perempuan dan lima laki-laki. Menurut Luna, pria bersenjata yang dicurigai itu mungkin seorang pria Asia berusia antara 30 hingga 50 tahun. Namun itu masih deskripsi (penyelidikan) awal.

Kantor kepolisian juga telah merilis foto dan menggambarkan ciri-ciri tersangka. Dengan setinggi sekitar 5 kaki, 10 inci mengenakan jaket kulit hitam, kupluk, dan kacamata. Nama tersangka dirahasiakan oleh pihak berwenang, kata Luna, Minggu, (23/1). 

Ketika ditanya apakah kasus itu sedang diselidiki sebagai kejahatan kebencian, Luna mengatakan kepada NBC News bahwa semuanya harus diungkap di pengadilan. 

"Kami tidak tahu apakah ini secara khusus merupakan kejahatan kebencian yang ditentukan oleh hukum, tetapi siapa yang masuk ke ruang dansa dan menembak mati 20 orang," kata Luna. 

"Deskripsi yang kami miliki sekarang adalah laki-laki Asia. Apakah itu penting? Saya tidak tahu, saya dapat memberi tahu Anda bahwa semuanya harus diungkap di pengadilan," imbuh Luna. 

Baca Juga : Hadiri Perayaan Malam Tahun Imlek 2547 Kongzili, Ini Harapan Wali Kota Kediri

Di media sosial, juga tersebar rekaman video dimana polisi dan unit pemadam kebakaran terlihat mengerumuni daerah itu. Sementara video lainnya menunjukkan saat korban dipindahkan ke ambulans. Pejabat berwenang saat ini sedang menyelidiki insiden lain di kota terdekat Alhambra untuk melihat apakah ada kaitannya.

Menurut Luna, sekitar 20 menit setelah penembakan di Monterey Park, seorang tersangka laki-laki Asia memasuki ruang dansa di Alhambra dengan senjata api. Orang-orang di dalam aula tersebut berhasil merebut pistol dari tersangka kemudian dia (tersangka) pergi dengan van kargo putih.

Saat ini, kepolisian tengah mengepung van kargo putih di Torrance, 27 mil jauhnya dari Monterey Park. "Namun kami belum bisa memastikan itu tersangkanya," kata Luna. 

Luna juga menegaskan bahwa keterkaitan antara tersangka Monterey Park dengan Alhambra masih berupa kemungkinan. 

Sebagai informasi, penembakan itu terjadi setelah ribuan orang berkumpul untuk merayakan Festival Tahun Baru Imlek di Monterey Park, sebuah kota kecil berpenduduk sekitar 60.000, dimana sekitar dua pertiganya di huni oleh orang Amerika keturunan Asia. Jaraknya sekitar 10 mil sebelah timur Los Angeles. Sementara penduduk tetangga Monterey Park, Alhambra, lebih dari 50 perseb dihuni orang Asia-Amerika. Meyer menambahkan bahwa polisi akan menyelidiki ke setiap sudut untuk mengetahui ini kejahatan kebencian atau bukan. 

Judul berita Insiden Penembakan Massal di Festival Imlek California, 10 Orang Tewas .

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Penembakan tahun baru imlek

Berita Lainnya