27/01/2023 Ini Tantangan Berat Pelatih Bola Basket Pasca Pandemi Covid 19 | Jatim TIMES

Ini Tantangan Berat Pelatih Bola Basket Pasca Pandemi Covid 19

Jan 23, 2023 18:55
Wahyu Budi Santoso, Trainer / Penatar Pelatih  Bola Basket Pengprov Perbasi Jawa Timur (Foto; Nurhadi Banyuwangi TIMES)
Wahyu Budi Santoso, Trainer / Penatar Pelatih Bola Basket Pengprov Perbasi Jawa Timur (Foto; Nurhadi Banyuwangi TIMES)

Pewarta: Nurhadi Joyo | Editor: A Yahya

JATIMTIMES - Salah satu dampak terberat yang dirasakan oleh para pelatih bola basket pasca pandemi Covid 19 adalah perubahan cara berpikir saat seorang pelatih bekerja sama dalam mendidik anak-anak dalam era pandemi.

Menurut Wahyu Budi Santoso, Trainer / Penatar Pelatih  Bola Basket Pengprov Perbasi Jawa Timur (Jatim), sekitar dua tahun anak-anak bisa dikatakan tidak melakukan kegiatan fisik dan lebih banyak menghabiskan waktu di depan laptop atau smartphone untuk mengikuti berbagai kegiatan yang dilaksanakan secara online. Sehingga tidak berhadapan langsung dengan pelatih maupun guru olahraganya.

Baca Juga : Anies Baswedan Jadi Sorotan karena Kaus yang Dipakai, NasDem Buka Suara

“Dari sisi pelatih ketika menghadapi situasi yang ada diharapkan mampu melakukan pendekatan personal dengan menelepon dan melakukan chat mereka. Jadi ada pembiasaan baru yang mungkin sebelumnya sudah dilakukan tetapi tidak konsisten. Sehingga menjadi kewjiban untuk menanyakan khabarnya, apa yang dilakukan, program fisik apa yang sudah dilakukan dan lain sebagainya,” jelas Budi di GOR Sahabat Banyuwangi.

Setelah Covid 19 melandai dan mulai ada program tatap muka di lapangan saat latihan terasa sekali dampak yang terjadi saat mulai membangunan kedisiplinan pemain. Setelah sekitar dua tahun tidak melakukan kebiasaan-kebiasaan yang sebelumnya dilakukan untuk membangun rasa disiplin, semua serasa kembali dari awal.

“Seorang pelatih harus mengingatkan kembali atau meriview para pemain atas kebiasaan yang sudah biasa dilakukan dan sangat terasa prosesnya tidak mudah dan butuh waktu. Sehingga tantangan pada mind set dan pembiasaan,” tambahnya.

Kalau pengetahuan dan ketrampilan bermain basket, lanjutnya seiring dengan adanya program tatap muka otomatis kebiasaan atau habits teknik dribling, passing maupun shooting jauh lebih mudah untuk diperbaiki. Tetapi mind set, pola pikir dan behavior menjadi chalenge (tantangan) tersendiri bagi pelatih.

Pelatih asal Probolinggo itu menuturkan pendekatan menjadi kata kunci yang mendasar. Kemungkinan hanya sekedar menanyakan khabar tetapi hal tersebut sangat mempengaruhi hubungan emosional antara pelatih dan anak didik.

Lebih lanjut Budi menyarankan bagi pelatih muda, diluar membahas pengetahuan bola basket, akan lebih membantu apabila dia juga memahami bentuk-bentuk pendekatan komunikasi yang lebih efisien, mengena dan inovatif karena saat ini berada dalam era digital.

Baca Juga : Seleksi Tim Sepak Bola Porprov Kota Blitar Diikuti Pemain Timnas U-16 Juara AFF

“Hampir semua anak sekarang dipermudah dengan teknologi gate judge yang sebenarnya tidak menjadi kendala bagi pelatih muda untuk menguasai. Tetapi kita berupaya merespon bentuk komunikasi dengan anak didik untuk membangun hubungan emosional dengan mereka,” ujar Alumni Unesa Surabaya itu.

Lebih lanjut Budi menambahkan secara umum kualitas pelatih basket muda yang ada di Jatim saat ini jauh lebih baik. Kemungkinan hal tersebut juga ditunjang dengan kemajuan teknologi sehingga memudahkan mendapatkan akses informasi bola basket.

“Itu yang membuat pelatih muda proses belajarnya jauh lebih cepat, tinggal selanjutnya bagaimana konsisten dalam kompetensi untuk selalu upgrade dan membangun relasi dengan pelatih lain yang diluar karena ilmu bola basket juga terus berkembang,” pungkas Budi.

Judul berita Ini Tantangan Berat Pelatih Bola Basket Pasca Pandemi Covid 19.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Budi Santoso pelatih basket

Berita Lainnya