Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Penuhi Syarat Ini Agar Perbuatan Amalmu Diterima Allah

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Dede Nana

24 - Jan - 2023, 08:13

Placeholder
Ilustrasi beramal (pixabay)

JATIMTIMES - Setiap amal yang dilakukan umat muslim, tentunya mengharapkan sebuah balasan dari Allah SWT. Namun yang harus diketahui, setiap amal yang dilakukan tentunya harus memenuhi persyaratan agar diterima oleh Allah SWT. 

Lantas apa sebenarnya syarat yang harus terpenuhi agar amal diterima oleh Allah SWT? Diolah dari IslamPos, terdapat dua persyaratan yang harus dipenuhi agar amal diterima. Yang pertama adalah, amal harus dilaksanakan dengan keikhlasan semata-mata untuk mencari ridha Allah.

Baca Juga : Jelang Satu Abad NU, Ini Pesan Menag dan Gubernur Jatim pada Ansor dan Banser

Dalam Al-Qur'an Surat Al Bayyinah  ayat 5, "Dan tidaklah mereka diperintahkan melainkan agar menyembah Allah dengan mengikhlaskan baginya agama yang lurus".

Kemudian, Rasulullah juga menyampaikan pesan terkait perbuatan amal. Amal yang dilakukan akan diterima Allah SWT tergantung dari niat.  Sebagaimana hadits riwayat Bukhari -Muslim, Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya amal-amal tergantung pada niat dan setiap orang akan mendapatkan sesuatu sesuai dengan niatnya".

Syarat yang kedua adalah amal yang dilakukan sesuai dengan Sunnah atau petunjuk Rasulullah SAW. Dalam sebuah hadist riwayat Muslim dari Aisyah RA, Rasulullah bersabda,"Dan barang siapa yang melakukan satu amalan yang tidak ada perintahnya dari kami maka amalan tersebut tertolak". 

Para ulama pun sepakat atas dalil-dalil yang telah dijelaskan. Bahwa, jika perbuatan amal yang dilakukan didasari rasa ikhlas dan sesuai dengan bimbingan Rasulullah, maka amalan akan diterima oleh Allah SWT.

Baca Juga : Hati-hati, 3 Perkara Ini Dapat Menyeret Wanita ke Neraka 

Dalam kehidupan, Allah SWT memberikan kesempatan untuk manusia memperbanyak amalnya. Dalam Al-Qur'an Surah Al Mulk ayat 2, Allah SWT berfirman,"Dia Allah yang telah menciptakan mati dan hidup untuk menguji kalian siapakah yang paling bagus amalannya".

Namun, memaknai hal tersebut, Muhammad bin Ajlan menjelaskan, "Allah Subhanahuwata’ala tidak mengatakan yang paling banyak amalnya" (Tafsir Ibnu Katsir 4/396). Sehingga disini, bukanlah tentang banyak amal yang dilakukan, melainkan amal yang dilaksanakan harus dengan ikhlas dan sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW.


Topik

Agama



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Dede Nana