27/01/2023 Bintara Center Ajak Cegah Bentrokan Perguruan Silat di Tulungagung, Ini Caranya... | Jatim TIMES

Bintara Center Ajak Cegah Bentrokan Perguruan Silat di Tulungagung, Ini Caranya...

Jan 24, 2023 20:26
Ilustrasi, net
Ilustrasi, net

Pewarta: Anang Basso | Editor: A Yahya

JATIMTIMES - Bintara Center menyorot organisasi yang membidangi Pencak Silat atau Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Kabupaten Tulungagung. Dalam rilisnya, ketua LSM Bintang Nusantara, Raden Ali Shodik mengatakan pihaknya melakukan pendampingan atas aduan para orang tua yang anaknya terseret masalah hukum atas peristiwa perguruan antar pencak silat, beberapa waktu lalu.

"Perkara ini akan kami kawal penuh," kata Raden Ali, Selasa (24/1/2023).

Baca Juga : Anggota PPS Dilantik, Bupati Maryoto Apresiasi Persiapan Dini KPU Tulungagung

Menurutnya, Badan Advokasi dan Pendampingan Masyarakat  Lembaga Sosial Masyarakat Bintang Nusantara (Bintara)  Pada Tanggal 13 januari 2023 Pukul 14.00 WIB telah menerima pengaduan dan permohonan pendampingan dari orang tua anggota beberapa perguruan pencak silat yang ada di Tulungagung.

"Anak-anaknya ditahan di Polres Tulungagung dan dalam proses hukum yang diduga akibat bentrok antar perguruan," ujarnya.

Sebelum mendampingi para anggota pencak silat, Bintara meminta agar semua orang tua harus menyatakan anaknya mundur permanen dan tidak mengikuti lagi pencak silat apapun di Tulungagung. 

"Jadi kami tidak berpihak pada perguruan pencak silat yang bertikai  dan murni atas permintaan orang tua yang ditahan. Kami juga sudah melayangkan Somasi ke IPSI Kabupaten Tulungagung," paparnya.

Menurut kajiannya, bentrok antar perguruan pencak silat yang berujung sanksi hukum bagi pelaku membuktikan lemahnya peran pengurus IPSI di Tulungagung dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

"Seharusnya organisasi tidak diam, ini bagian dari tanggungjawab mereka," imbuhnya.

Salah satu tujuan berdirinya IPSI adalah untuk melestarikan dan mengembangkan pencak silat serta mempersatukan semua aliran dan perguruan pencak silat yang ada.

Baca Juga : Kapolres Tulungagung Bagikan Rompi Selaras kepada Anggota Bhabinkamtibmas

"Organisasi naungan ini, perlu segera melakukan langkah guna antisipasi terjadinya permasalahan," jelasnya.

Para ketua perguruan berbagai organisasi pencak silat agar bersatu dibawah naungan IPSI Kabupaten Tulungagung untuk menolak persoalan pribadi masuk dalam ranah perguruan.

"Peran organisasi harus diutamakan terutama peran IPSI Tulungagung, mereka yang kena pidana karena bentrok perguruan mayoritas remaja ada yang masih sekolah dan ada yang mahasiswa. Semua seharusnya berperan untuk menyelamatkan pendidikan mereka," ungkapnya.

Untuk menghindari bentrok terjadi kembali, Bintara menyarankan perlu segera melakukan koordinasi dengan kepala daerah, Kepolisian, TNI, dan Instansi Yang diperlukan dalam memberikan ketegasan bersama.

Terkait hal ini, ketua atau pengurus IPSI Kabupaten Tulungagung belum berhasil di konfirmasi.
 

Judul berita Bintara Center Ajak Cegah Bentrokan Perguruan Silat di Tulungagung, Ini Caranya....

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
bintara center perguruan silat di Tulungagung onar

Berita Lainnya