27/01/2023 Uji Coba Jalan Satu Arah di Kawasan Kayutangan Heritage Dimulai Pekan Ketiga Februari 2023 | Jatim TIMES

Uji Coba Jalan Satu Arah di Kawasan Kayutangan Heritage Dimulai Pekan Ketiga Februari 2023

Jan 25, 2023 07:00
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang R Widjaja Saleh Putra saat ditemui JatimTIMES.com, Selasa (24/1/2023). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang R Widjaja Saleh Putra saat ditemui JatimTIMES.com, Selasa (24/1/2023). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

Pewarta: Tubagus Achmad | Editor: Dede Nana

JATIMTIMES - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang R Widjaja Saleh Putra menyampaikan, rencana uji coba skema jalan satu arah di kawasan Kayutangan Heritage akan dilakukan pada pekan ketiga Februari 2023. 

"Targetnya mudah-mudahan minggu ketiga Februari 2023 lah paling lambat (uji coba jalan satu arah), karena itu menghitung masalah teknis dan menyiapkan sarana prasarananya," ungkap Widjaja kepada JatimTIMES.com, Rabu (25/1/2023). 

Baca Juga : Nota Pembelaan Ferdy Sambo: "Setitik Harapan dalam Ruang Sesak Pengadilan"

Mantan Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kota Malang ini menuturkan, bahwa sebelumnya Dishub Kota Malang telah melakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat di beberapa kelurahan di Kecamatan Klojen yang terdampak atas adanya uji coba jalan satu arah. 

Sosialisasi dilakukan sejak awal Januari 2023 dan terakhir dilakukan Kamis (19/1/2023) lalu. Namun, jika ke depan masih dibutuhkan sosialisasi uji coba jalan satu arah, pihaknya akan melakukan hal tersebut. 

"Pada saat sosialisasi yang kami khawatirkan adalah banyak yang nolak, ternyata di luar dugaan, sangat responsif sekali. Artinya mendukung kebijakan pemerintah daerah," tutur Widjaja. 

Pihaknya beralasan, masyarakat yang wilayahnya terdampak uji coba jalan satu arah menyadari bahwa niat dari Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk penataan kawasan Kayutangan Heritage melalui keputusan-keputusan yang dihasilkan dalam Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) Kota Malang. 

"Penataan khususnya untuk mengurangi kemacetan, bukan pada satu titik saja, tetapi secara kawasan dilakukan penataan," kata Widjaja. 

Dalam tahapan sosialisasi yang secara masif dilakukan, pihaknya juga menampung segala masukan dari masyarakat untuk menjadi bahan pembahasan di FLLAJ Kota Malang. Termasuk penentuan titik penempatan rambu-rambu lalu lintas serta sarana prasarana pendukung uji coba jalan satu arah. 

Selanjutnya, Rabu (25/1/2023) akan digelar pembahasan lanjutan di FLLAJ Kota Malang. Di mana dalam forum tersebut akan mempertimbangkan segala masukan masyarakat untuk kelancaran uji coba jalan satu arah di kawasan Kayutangan Heritage. 

Baca Juga : Ratusan Perangkat Desa Diberangkatkan Bupati Tulungagung, Ikuti Silatnas III di Jakarta

“Usulan-usulan masyarakat kita bawa ke Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, mana-mana yang memungkinkan bisa di ekskeusi dan diakomodir,” ujarnya. 

Salah satu usulan masyarakat yang nantinya menjadi pertimbangan dalam pembahasan di FLLAJ Kota Malang terkait penerapan uji coba jalan satu arah yakni terkait rencana penerapan satu arah ke selatan di Jalan Arjuno. 

"Masyarakat sekitar meminta agar di Jalan Arjuno dibuat dua arah, itu nanti akan kita bahas di FLLAJ," tutur Widjaja. 

Selain itu, dalam pembahasan di FLLAJ Kota Malang nantinya juga akan dibahas mengenai tanggal penerapan uji coba jalan satu arah. Namun, pihaknya belum dapat memastikan apakah akan langsung ditetapkan terkait tanggalnya atau tidak. 

"Bisa jadi iya (tanggal uji coba jalan satu arah ditetapkan), bisa jadi tidak. Kita lihat pembahasan di forum," tandas Widjaja. 

Judul berita Uji Coba Jalan Satu Arah di Kawasan Kayutangan Heritage Dimulai Pekan Ketiga Februari 2023.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Dishub Kota Malang JALAN SATU ARAH

Berita Lainnya