27/01/2023 Pastikan Pemilu Berjalan Lancar, Pemkab Malang Siap Anggarkan Pengecekan Kesehatan Badan Adhoc | Jatim TIMES

Pastikan Pemilu Berjalan Lancar, Pemkab Malang Siap Anggarkan Pengecekan Kesehatan Badan Adhoc

Jan 25, 2023 10:00
Wabup Malang Didik Gatot Subroto.(Foto:Riski Wijaya/MalangTIMES).
Wabup Malang Didik Gatot Subroto.(Foto:Riski Wijaya/MalangTIMES).

Pewarta: Riski Wijaya | Editor: Dede Nana

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang berencana akan memberikan support pada penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. Support tersebut akan diarahkan untuk pengecekan kesehatan bagi setiap personel penyelenggara pemilu. 

Menurut Wakil Bupati (Wabup) Malang Didik Gatot Subroto, Pemkab Malang juga mempunyai kewajiban untuk memastikan setiap personel penyelenggara pemilu dalam kondisi sehat selama bertugas. Terutama saat menjelang Hari H pelaksanaan Pemilu ada 14 Februari 2024 mendatang. 

Baca Juga : Wali Kota Sutiaji Imbau ASN Tidak Terlibat Politik Praktis Jelang Pemilu 2024

"Tugasnya Pemkab (Malang) ini mendorong agar para penyelenggara pemilu ini sehat semuanya, nanti cek kesehatan menjadi penting disaat proses pelaksanaan pemilu itu siap berlangsung. Minimal satu bulan sebelumnya, agar cek up kesehatan difasilitasi oleh Pemda," ujar Didik. 

Sementara itu, rencana tersebut mendapat sambutan baik dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang. Sebab, anggaran yang didapat dari KPU RI yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) memang belum ada yang dialokasikan untuk pengecekan kesehatan bagi badan adhoc. 

"Ketika dapat dukungan dari Pemda, maka sangat luar biasa, karena untuk anggaran yang turun 2023, belum ada anggaran untuk cek kesehatan badan adhoc," ujar Ketua KPU Kabupaten Malang Anis Suhartini. 

Untuk itu, pihaknya berharap penuh agar rencana tersebut dapat direalisasikan oleh Pemkab Malang pada tahun 2023 ini. Setidaknya bisa diakomodir melalui mekanisme perubahan anggaran keuangan (PAK). 

"Harapan kami tentunya dari KPU sangat mendukung sekali, dan harapannya bisa direalisasikan tahun ini," imbuh Anis. 

Baca Juga : Ratusan Perangkat Desa Diberangkatkan Bupati Tulungagung, Ikuti Silatnas III di Jakarta

Anis mengatakan, untuk Pemilu tahun 2024 mendatang, KPU Kabupaten Malang mendapat anggaran sebesar Rp 53 Miliar di tahun 2023 ini. Anggaran tersebut menurutnya paling banyak terserap untuk operasional termasuk honorarium badan adhoc dan alat kelengkapan penyelenggara lainnya. 

Dengan wilayah administratif Kabupaten Malang yang terdiri dari 33 kecamatan serta 378 desa dan 12 kelurahan, saat ini sudah ada 165 panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang akan bertugas di Pemilu 2024 di Kabupaten Malang. Selain itu saat ini juga telah dilantik 1.170 panitia pemungutan suara (PPS). 

Dalam waktu dekat, melalui PPS KPU Kabupaten Malang akan membentuk petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih). Yang jumlahnya kemungkinan disesuaikan dengan jumlah TPS. Yang diperkirakan mencapai 8.443. 

Judul berita Pastikan Pemilu Berjalan Lancar, Pemkab Malang Siap Anggarkan Pengecekan Kesehatan Badan Adhoc.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Wabup Malang KPU Kabupaten Malang

Berita Lainnya