27/01/2023 Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia Tumbuh Pesat, Buka Peluang Kolaborasi | Jatim TIMES

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia Tumbuh Pesat, Buka Peluang Kolaborasi

Jan 25, 2023 10:36
Kegiatan Matrix Java Roadshow
Kegiatan Matrix Java Roadshow

Pewarta: M. Bahrul Marzuki | Editor: Dede Nana

​​​​​​JATIMTIMES - 

APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) menggelar roadshow bersama dengan PT NAP Info Lintas Nusa di wilayah kerja Pulau Jawa di Surabaya, Jatim. Sebelumnya, acara ini telah dilaksanakan bersama dengan rekan-rekan APJII Jawa Tengah di Kota Semarang, APJII D.I Yogyakarta di Yogyakarta, serta bersama APJII Jawa Barat di Kota Bandung.

Acara bertajuk "ISP Year End Gathering 2022" ini untuk berdiskusi bersama, dalam rangka penyediaan layanan dan solusi atas kebutuhan rekan-rekan ISP (Internet Service Provider), sekaligus berbagi wawasan terkait tren industri telekomunikasi.

Baca Juga : Ketua KPU Jatim Imbau PPS Jaga 11 Prinsip Penyelenggaraan Pemilu

Pertumbuhan ISP di Indonesia saat ini semakin tinggi, hal ini terlihat dari semakin bertambahnya anggota APJII yang sudah menyentuh angka 840 di akhir tahun 2022. Dengan meningkatnya pertumbuhan ISP di Indonesia ini tentu juga didasari oleh penggunaan dan kebutuhan masyarakat serta literasi digital yang kiat meningkat.

"Hal ini pula yang menjadi dasar Matrix NAP Info dalam mengadakan kegiatan ISP Gathering untuk turut serta mendukung serta memperkuat keberlangsungan layanan internet dengan memfasilitasi layanan-layanan yang dapat dimanfaatkan oleh para penyedia jasa internet di Indonesia," kata Thomas Dragono selaku Managing Director Matrix NAP Info, Rabu (25/1/2023).

Thomas mengatakan bahwa pertumbuhan ISP di Indonesia dalam 2 tahun terakhir ini pesat. Belum lagi jumlah populasi di Indonesia yang sudah mencapai 278 juta, tentu ini dapat menjadi peluang pasar.

 Berdasarkan survey APJII 2022, didapatkan hanya 10% penetrasi internet Fixed Broadband dan sisanya hanya terjangkau via layanan Mobile Broadband.

Dalam kesempatan ini, Matrix NAP Info juga memperkenalkan beberapa info terbaru terkait produk yang dapat menopang pertumbuhan ISP di antaranya, layanan Matrix Cable Xchange yang kini hadir melayani IX Internasional (MCIX) dan IX Domestik (MCDX) secara redundan. 

MCIX sendiri telah menjangkau 15 Internet Xchange mancar negara yang tersebar di 3 benua, 8 negara, 10 kota; sedangkan layanan MCDX sendiri menghubungkan ISP 13 IX domestik yang tersebar di 7 propinsi.

Baca Juga : Pastikan Pemilu Berjalan Lancar, Pemkab Malang Siap Anggarkan Pengecekan Kesehatan Badan Adhoc

"Matrix NAP Info juga memperkenalkan secara resmi layanan Matrix Remote IX (MRIX) yang menghubungkan Singapore IX (SGIX) dengan para ISP melalui layanan VLAN 1G atau 10G. Layanan ini dapat dinikmati dari berbagai Data Center di Jakarta, yaitu: Matrix Data Center (MDC) JK1 Pantai Mutiara, MDC JK2 Cyber 1, MDC JK3 Plaza Kuningan, IDC 3D Duren Tiga, serta MDC BM1 di Nongsa, Batam," terang Thomas.

Acara ISP Gathering ini juga menjadi wadah para penyedia layanan internet di Indonesia untuk saling kembali terhubung, terutama pasca pandemi COVID-19. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat membuka peluang kolaborasi antara stakeholder dalam memberikan layanan internet yang mumpuni bagi masyarakat Indonesia pada umumnya. 

 

 

 

Judul berita Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia Tumbuh Pesat, Buka Peluang Kolaborasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
asosiasi penyelenggara jasa internet indonesia

Berita Lainnya