Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Mahasiswa UIN Malang Jadi Best Speaker dalam Ajang Debat Internasional

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

05 - Feb - 2023, 17:38

Placeholder
Mahasiswa Fakultas Humaniora UIN Malang menjadi Best Speaker dalam ajang debat internasional (Ist)

JATIMTIMES - Bukan hanya meraih Medali Perak dalam ajang debat Internasional 2nd Asian Debating Championship (AADC) Qatar Debate 2023 di Muscat, Oman beberapa waktu lalu, Tim Debatter Fakultas Humaniora Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang juga meraih Best Speaker. 

Dua mahasiswa, yakni M Husain Rifa'i dan Ummi Hasanah dinobatkan sebagai Best Speaker. M Husain Rifa'i di nobatkan sebagai Best Speaker 1 dan Ummi Hasanah dinobatkan sebagai Best Speaker 3.

Baca Juga : Kaji Inovasi Pembelajaran MBK, Dosen Unisma Dikukuhkan sebagai Gubes Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Dua mahasiswa Fakultas Humaniora itu, dinobatkan sebagai Best Speaker karena dinilai oleh dewan juri telah memiliki performa yang excellent selama mengikuti proses perlombaan.

M Husain Rifa’i, menjelaskan, menjadi Best Speaker 1 tentunya menjadi sebuah kebanggaan. Bahkan, ia awalnya juga tak menyangka menjadi Best Speaker 1. Untuk itu, ia sangat merasa bersyukur atas capaian ini.

Capaian ini tentu berdasarkan penilaian para dewan juri yang melihat setiap performance para peserta dalam setiap tahapan yang ada. "Saya sangat bersyukur. Ini surprise bagi saya karena sebelumnya saya tidak membayangkan," jelasnya.

1

Sama dengan Husain, Ummu Hasanah juga tak menyangka, dirinya menjadi Best Speaker 3. Nominasi Best Speaker menurutnya merupakan sebuah hal yang kian memotivasi peserta untuk terus berusaha meningkatkan kompetensi berbahasa, khususnya bahasa Arab.

"Di luar dugaan saya (bisa menjadi Best Speaker). Sebelumnya tidak ada nominasi sebagai Best Speaker. Saya sangat bersyukur sekali," ungkapnya.

Untuk diketahui juga, tim Debatter Fakultas Humaniora sebelumnya sukses meriah medali Perak dalam ajang AADC Qatar Debate 2023. Tim dari Fakultas Humaniora unggul dalam setiap tahapan, hingga akhirnya dapat lolos dalam tiap tahap. Mulai dari penyisihan, knock-out, semifinal hingga final. 

Baca Juga : Ahmad Fuad Dorong Pemkot Berikan Akses Pendidikan bagi Seluruh Warga Kota Malang

Ajang ini sendiri merupakan ajang kelas internasional untuk mencari bibit-bibit unggul yang kompeten dalam penguasaan Bahasa Arab. Ajang yang digelar tiap dua tahun sekali ini, menjadi melibatkan peserta dari seluruh perguruan tinggi di dunia.


Topik

Pendidikan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni