Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Nihil Kasus Covid Aktif RSUD Blambangan Manfaatkan Ruang Isolasi untuk Layanan Anak

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : A Yahya

25 - Mar - 2023, 16:23

Placeholder
dr Widji Lestariyono, Direktur Ramadhan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Blambangan Banyuwangi (foto; Nurhadi Banyuwangi TIMES)

JATIMTIMES – Banyuwangi sudah bebas dari kasus Covid. Tidak ada lagi pasien Covid dirawat di rumah sakitm Pernyataan tersebut disampaikan Direktur Ramadhan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)  Blambangan Banyuwangi, dr Widji Lestariyono yang akrab disapa dr Rio setelah mengikuti rapat koordinasi dengan Komisi III DPRD Banyuwangi di gedung wakil rakyat Banyuwangi

“Bahkan dalam beberapa minggu sudah tidak ada lagi kasus Covid aktif. Meskipun terkadang muncul satu dua kasus.sedangkan pasien yang dirawat di RSUD Blambangan karena Covid sudah lama tidak ada. Kami tetap konsisten melakukan pemeriksaan PCR untuk para pasien yang akan menjalani operasi dan rata-rata hasilnya negatif,” kata  Widji Lestariyono alumnus Fakultas Kedokteran Unair Surabaya itu.

Baca Juga : Pemerintah Banyuwangi Terus Berupaya Kendalikan dan Turunkan Kasus HIV

Menurut dr Rio, Pihak sumah sakit diperbolehkan melonggarkan kesiapan untuk layanan Covid, bahkan ruangan yang disiapkan dimanfaatkan untuk pengembangan jenis layanan kesehatan yang lain.

“Di RSUD Blambangan Banyuwangi ada empat ruang isolasi Covid, karena semua sudah menganggur ruang isolasi 2 dimanfaatkan untuk layanan anak. Kemudian ruang isolasi 3 digunakan untuk layanan penyakit paru-paru,”imbuh mantan Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi tersebut.

Dia menuturkan meskipun jam kerja selama bulan RSUD Blambangan mengikuti aturan dari Pemkab Banyuwangi, tetapi praktis tidak akan mengurangi kapasitas layanan kepada masyarakat .

Menurut dia selama bulan Ramadhan tidak menutup kemungkinan akan ada banyak keluhan-keluhan baru dari warga terkait dengan ibadahnya dan persiapan kondisi kesehatan dalam merayakan lebaran. Sehingga pihak rumah sakit justru berupaya meningkatkan layanan.

Baca Juga : Gubernur Jatim Resmikan Graha Amarilis dan Instalasi Gizi RSUD Karsa Husada Batu

RSUD Blambangan Banyuwangi yang masuk type B dan menjadi rujukan spesialistik maka konfigurasi jenis penyakit maupun pasien yang datang berbeda dengan rumah sakit yang lain yang type C maupun Puskesmas, tambah dr Rio

”Kalau di sana mungkin penyakit seperti tahun-tahun sebelumnya  infeksi saluran pernafasan atas (ISPA). Kalau di RSUD Blambangan tidak seperti itu karena spesialistik, selama tiga bulan terakhir jenis  pelayanannya  merata,” pungkas dr Rio.


Topik

Kesehatan RSUD Blambangan Banyuwangi Covid 19



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

A Yahya